Bapak dari Final Fantasy, Hironobu Sakaguchi, kembali bekerja sama dengan Square Enix setelah 21 tahun untuk membawa RPG terbarunya

Bapak dari Final Fantasy, Hironobu Sakaguchi, kembali bekerja sama dengan Square Enix setelah 21 tahun untuk membawa RPG terbarunya

Fantasian milik Hinobu Sakaguchi akhirnya akan datang ke PC dengan sedikit bantuan dari Yoshi-P

Selama presentasi Nintendo Direct hari Selasa, trailer untuk RPG Jepang Fantasian: Neo Dimension mengungkapkan bahwa eksklusif Apple Arcade 2021 akhirnya hadir di PC. Penciptanya, Hironobu Sakaguchi, yang terkenal memimpin seri Final Fantasy dari 1987 hingga kepergiannya dari Squaresoft pada tahun 2003, mendapat bantuan kejutan dalam membebaskan Fantasian dari eksklusivitas mobile platform, produser Final Fantasy 14, Yoshi-P.

Jika Kalian mengikuti Sakaguchi di Twitter, Kalian akan segera menyadari ini adalah kolaborasi yang luar biasa. Sakaguchi sangat menyukai Final Fantasy 14, bahkan ia lebih banyak memainkan MMO ini dibanding game lainnya. di tahun 2022, ia “pada dasarnya hidup di Final Fantasy 14”, memainkannya 12 jam sehari. Tapi ia belum pernah ikut mengembangkannya, karena menurutnya jika terlibat, ia tidak bisa lagi menikmatinya sebagai Player. Meskipun saat ini Sakaguchi tampaknya berhubungan baik dengan mantan rekan-rekannya di Square Enix, ia sudah lebih dari 20 tahun tidak mengerjakan proyek apapun dengan studio tersebut. Sampai hadirnya Fantasian

“Bekerja sama dengan Yoshi-P. Sambil ngobrol soal FF14” tweet (posting di Twitter) Sakaguchi pada hari Selasa, mengumumkan bahwa port baru untuk PC dan konsol tersebut diterbitkan oleh Square Enix. Entah waktu benar-benar bisa menyembuhkan semua luka lama, atau Sakaguchi tidak bisa melewatkan kesempatan untuk membicarakan strategi raid saat bekerja. Tim produser Final Fantasy 14, yang juga sedang sibuk mengerjakan port PC untuk Final Fantasy 16, kemungkinan besar akan mengawasi versi baru Fantasian ini.

“Saya mengembangkan Fantasian dengan pemikiran bahwa ini bisa menjadi karya terakhir saya sebelum pensiun, jadi game ini memiliki tempat khusus di hati saya,” ungkap Sakaguchi dalam pesan lain yang diposting di Twitter. “Mendapatkan kesempatan untuk membangunnya kembali di Square Enix dengan cara ini dan membuatnya dikenal luas sungguh merupakan berkah. Judul ini adalah perpaduan jiwa para perajin diorama, komposisi musik Uematsu, dan tentu saja para pengembang game. Jika kalian tertarik, silakan mencobanya!”

Pengrajin yang dimaksud Sakaguchi di sini adalah anggota studionya, Mistwalker, yang membangun lusinan diorama rumit yang kemudian dipindai secara digital dan diubah menjadi model untuk menjadi latar belakang RPG. Meskipun grafis 3D dan pertarungan turn-based Fantasian terbilang konvensional, diorama-nya sungguh memukau dan tidak seperti yang lainnya (kecuali mungkin Harold Halibut).
Tidak Pasti jika detailnya tetap terlihat bagus di layar yang lebih besar,karena iPhone 13 Pro Max, yang dirilis di tahun yang sama dengan Fantasian, sudah memiliki layar 2778×1284 piksel yang sangat padat.

Berikut rangkuman penambahan baru, courtesy of Square Enix:

  • Pengisi suara bahasa Inggris dan Jepang
  • Visual 4K
  • Mode kesulitan Normal – “Fantasian adalah game yang sangat sulit saat dirilis, dengan banyak bos yang menghajar pemain sebelum mereka menemukan strategi optimal untuk mengalahkan mereka. FANTASIAN Neo Dimension menambahkan kesulitan ‘Normal’ baru, untuk membuat game sedikit lebih mudah diakses. Tentu saja, jika Kalian mendambakan tantangan dari game aslinya, itu masih tersedia!”

Belum ada halaman Steam untuk Fantasian, tetapi muncul di SteamDB beberapa bulan lalu, dan terdaftar di situs resminya, Direncanakan rilis pada akhir tahun 2024.

Artikel Terkait: