Nvidia Kini Menjadi Perusahaan Senilai $2 Triliun Berkat Dominasi AI

Nvidia Kini Menjadi Perusahaan Senilai $2 Triliun Berkat Dominasi AI

Nvidia, perusahaan teknologi yang terkenal dengan GPU gaming dan grafisnya, secara resmi telah mencapai valuasi pasar sebesar $2 triliun, ditutup pada kapitalisasi pasar untuk pertama kalinya pada hari ini dan menjadi produsen chip pertama yang melewati tonggak sejarah tersebut.

Pengumuman ini muncul kurang dari setahun setelah perusahaan mencapai kapitalisasi pasar $1 triliun dan lebih dari seminggu setelah dilaporkan bahwa perusahaan tersebut mencapai $1,83 triliun, menjadi perusahaan paling bernilai keempat di dunia, mengalahkan Amazon dan Alphabet.

Pengumuman ini muncul hanya dua hari setelah Nvidia melaporkan pendapatan kuartal keempat untuk tahun fiskal 2024. Dalam laporan pendapatan tersebut, Nvidia mengungkapkan bahwa pendapatan kuartalan perusahaan meningkat sebesar 265%, mencatat bahwa perusahaan berhasil memecahkan rekor pendapatan $60,9 miliar tahun lalu, menandai peningkatan pendapatan sebesar 126% dibandingkan tahun 2022.

Pencapaian keuangan Nvidia tidak mengejutkan. Meskipun pasar kripto dan kartu grafis PC telah mendingin, raksasa teknologi ini telah menjadi pemimpin dalam AI, menjadi pemasok chip utama bagi perusahaan yang ingin menerapkan kecerdasan buatan dalam beberapa kapasitas. Selain itu, Nvidia akan segera meluncurkan chip AI andalan berikutnya, HGX H200, yang menjanjikan lebih banyak kapasitas memori dan bandwidth, sehingga memungkinkannya untuk menangani data “dalam jumlah yang sangat besar” untuk AI generatif.

Artikel Terkait: