Versi ARM dari Steam Deck dalam masa pengujian

Versi ARM dari Steam Deck dalam masa pengujian

Steam Deck mungkin menjadi PC Linux paling populer yang pernah ada, meskipun bisa dimaklumi jika kalian belum menyadari bahwa SteamOS secara teknis adalah Linux. Lapisan kompatibilitas Proton adalah senjata rahasia Steam Deck, yang memungkinkan game yang dibuat untuk Windows berjalan di Linux tanpa masalah besar. Sekarang Valve tampaknya sedang menguji versi untuk perangkat keras ARM.

“Proton-arm64ec-5” belum umum, tetapi terlihat di database SteamDB.info dengan label “arm64” yang menunjukkan versi alat yang dirancang khusus untuk perangkat berbasis ARM. Perangkat keras ARM ada di banyak barang berbeda, tetapi terutama merupakan arsitektur yang digunakan untuk perangkat seluler termasuk ponsel dan tablet.

Apple beralih dari chip Intel ke prosesor berbasis ARM sendiri untuk laptop Macbook pada tahun 2020, dan dorongan terbaru untuk perangkat Windows berbasis ARM termasuk laptop “Copilot+” yang menjalankan prosesor Snapdragon dari Qualcomm.

lapisan Proton yang dioptimalkan khusus untuk perangkat keras ARM dapat membuka banyak opsi.
seperti SteamOS yang berjalan pada perangkat bergaya Steam Deck dengan perangkat keras ARM.

Sudah ada banyak sekali perangkat game genggam yang menggunakan chip berbasis ARM, popularitasnya meledak sejak peluncuran Nintendo Switch pada tahun 2017 (yang juga menggunakan perangkat keras ARM, platform Nvidia Tegra X). Tetapi ada indikasi bahwa Valve menginginkan SteamOS pada perangkat di luar Steam Deck, khususnya keluarga Asus ROG Ally. Alternatif lain adalah Valve sedang menyelidiki kemungkinan Steam Deck berbasis ARM itu sendiri – model asli yang berbasis prosesor laptop AMD sudah agak ketinggalan zaman.

Valve juga bisa mencari cara untuk meningkatkan kinerja Steam yang berjalan pada perangkat Linux menggunakan chip ARM.

Perangkat keras berbasis ARM untuk game biasanya menjalankan Android, dengan fokus pada game mobile atau emulasi konsol klasik. memungkinkan untuk menjalankan game Windows pada laptop Snapdragon berbasis ARM, tetapi akan mengalami penurunan kinerja yang besar.
MacOS mengalami masalah serupa, meskipun ini tidak terlalu menjadi perhatian karena laptop dan desktop Mac masih belum menjadi minat utama bagi gamer PC.

perlu diingat bahwa Valve belum mengatakan apapun pada saat ini. hanya berdasarkan label “arm64” di entri SteamDB itu. Tapi prospek model Steam Deck yang lebih kecil, lebih efisien, dan mungkin lebih murah yang berjalan pada perangkat keras ARM membuat device ini sangat menarik.

Artikel Terkait: