CPU Non-K Arrow Lake Mungkin Mengalami Batas Kecepatan RAM yang Lebih Rendah

CPU Non-K Arrow Lake Mungkin Mengalami Batas Kecepatan RAM yang Lebih Rendah

  • CPU Core Ultra 200 K-Series mendukung RAM hingga DDR5-9066.
  • CPU Core Ultra 200 Non-K-Series hanya mendukung RAM hingga DDR5-7200.

Uniko’s Hardware telah menyoroti perbedaan ini pada motherboard ASRock Z890 Taichi.
Hanya CPU Arrow Lake K-Series yang dapat mendukung kecepatan RAM overclock hingga DDR5-9066. Sementara itu, CPU Arrow Lake Non-K akan dibatasi pada DDR5-7200.
Ini adalah penurunan yang cukup besar untuk motherboard premium dan platform DDR5 secara umum.

DDR5-6000 biasanya merupakan titik optimal untuk prosesor AMD dan Intel. Namun, masih harus dilihat apakah chipset terbaru dari AMD dan Intel dapat memanfaatkan RAM yang lebih cepat.
Tentu saja, kit DDR5-7200 dan DDR5-9066 tersedia, tetapi nilai jualnya mungkin kurang menarik pada kisaran harga tersebut.

Meskipun ini adalah hal yang mengecewakan, tampaknya tidak akan berdampak besar pada sebagian besar pengguna atau gamer. Lagipula, karna besar peningkatan kinerja yang diperoleh dari peningkatan kecepatan RAM sangatlah kecil dan berkaitan dengan metrik yang lebih sulit dilacak seperti minimum atau 1% low average FPS daripada kinerja desktop atau rendering video umum, yang umumnya lebih banyak mendapat manfaat dari kapasitas RAM yang lebih tinggi atau kecepatan SSD.

RAM yang lebih cepat membantu kinerja iGPU. Secara teoritis, mereka yang ingin memanfaatkan iGPU Arrow Lake akan lebih baik melakukannya dengan kit memori berkecepatan tinggi. Namun, Kinerja dari iGPU Arrow Lake belum terdata, jadi belum bisa dipastikan seberapa bagus iGPU di dalam Arrow Lake untuk gaming.

Meskipun dengan kecepatan RAM yang berbeda ini telah menarik beberapa kritik, tampaknya hal ini tidak akan menjadi masalah besar bagi sebagian besar pasar. lagi pula pengguna tidak mungkin mengeluarkan uang untuk motherboard Z890 dan memasangkannya dengan CPU Arrow Lake Non-K karena motherboard kelas atas, khususnya chipset seri Z, biasanya dibeli secara eksplisit untuk kemampuan overclocking.

Artikel Terkait: