Ulas AMD Radeon RX 480 Polaris


Share

Yes, pada computex 2016 lalu. AMD sudah menunjukan bahwa mereka merilis VGA card ini. AMD Radeon RX 480, adalah seri Radeon terbaru di namakan Polaris 10 XT. 1 Hal yang mungkin udah kita tau, bahwa Radeon RX 480 di bandrol dengan harga $199 , dan mungkin pas udah di Jual disini, yaitu di Indonesia. Mungkin harganya bisa mark up jadi 4jutaan, Kita sendiri belum tau pasti nya gimana.

Tapi yang pasti, Radeon RX 480 ini akan mulai di edarkan tanggal 29 Juni 2016, dan itu adalah hari ini. Ok, segitu aja basa basi nya soal RX 480 ini, dan sekarang mari kita lanjut kepada bagian penampilan dari RX 480. Versi Reference RX 480 masih memiliki penampilan yang gak beda jauh dengan beberapa VGA Reference AMD sebelum nya, body yang di gunakan RX 480 ini mirip – mirip dengan Fury X. Beda nya, RX 480 menggunakan pendingin blower, sementara Fury X sudah menggunakan liquid cooler. Board dari VGA card ini sebenernya gak mempunyai ukuran yang besar, bisa kita liat pada bagian belakang VGA card ini. Yang membuat RX 480 terlihat lebih besar adalah karena blower nya. Dan mungkin, kalo kita melihat dari ukuran board asli nya, untuk versi custom cooler mungkin akan lebih terlihat compact di bandingkan yang reference.

Di area output Video dari RX 480, kita sekarang udah gak menemukan port DVI ataupun D-Sub. RX 480 hanya menyediakan 3 buah Display port dan 1 HDMI, yang dimana itu udah mensupport resolusi 4K. Perlu di ketahui juga bahwa RX 480 mensupport enocing H.265, yaitu menstream video 4K sampai dengan 60 FPS. Dan di bagian atas itu ialah lubang lubang sebagi exaust agar udara panas bisa keluar.

AMD juga udah berani berbicara kalau RX 480 ini sudah memiliki efisiensi dan juga performance yang handal. Dengan TDP 150W, AMD percaya diri untuk menanamkan 1x6pin power aja untuk VGA card ini. Dan yap, PSU 500W aja udah cukup untuk nampung Radeon RX 480. AMD juga bilang kalo mereka memfokuskan RX 480 ini untuk penggunaan VR, yap maka dari itu AMD membuat fitur LiquidVR, dan juga memfokuskan pasar mainstream, dimana kebanyakan orang itu beli VGA card dengan budget ya yang di harga seginian. Biar lebih jelas, mari kita cek spesifikasi lengkap dari AMD Radeon RX 480 ini.

Lanjut di bagian terakhir ialah testing, dan benchmark. Beberapa waktu lalu mungkin kita udah liat rumor bermunculan bahwa Radeon RX 480 ini dapat mengimbangi GTX 980, dan dapat mengimbangi GTX 1080 jika di buat crossfireX dalam benchmark sintetis. Sayang nya kita belum bisa untuk test pada posisi crossfireX, jadi untuk test kali ini kita cuma test di single GPU aja.

Tapi sebagai pebanding, Kita mungkin akan membandingkan dengan VGA card yang punya harga yang mirip dengan RX 480 biar Kalian bisa mengira-ngira, seberapa besar performance VGA card ini, dan apakah pantas VGA card ini berada di harga $199, atau di Indo mungkin sekitar 3 sampai 4juta saat di jual?

Testing kali agak sedikit banyak, pertama ada 3Dmark firestrike dan firestrike extreme. Di game DX12 ada Hitman, Ashes of singularity, dan rise of tomb rider. Dan di DX11 Kita menggunakan GTA V dan juga The Division. Untuk lihat hasil testnya bisa dilihat di youtube.

Gak cuma itu aja, dengan ada nya fitur wattman dari software crissmon yang di kasih sama AMD. Kita bisa mengatur clockspeed, fanspeed, bahkan voltase dan juga power limit. Pada posisi automatic, kita bisa merasakan bahwa RX 480 ini gak berisik sama sekali. Ini dia suara yang di hasilkan.

Dan saat fan kita tarik menjadi 50-70% , blower RX 480 ini cukup mengeluarkan suara yang nyaring. Tetapi suhu bisa lebih terjaga untuk overclocking, dalam tahap OC ini Kita hanya meningkatkan 15% clock step dari RX 480. Dan nampak nya ini berpengaruh cukup besar. Dan menurut Kita, di harga 3 sampai dengan 4juta ya jelas worth it, dan seperti nya RX 480 mungkin yang akan merajai pasar VGA card di range harga segini.

Artikel Terkait: