8 JUTA DOANG , RAKIT PC EK GAMING BATTLE STAR LITE , BUILD PC ENTERKOMPUTER

8 JUTA DOANG , RAKIT PC EK GAMING BATTLE STAR LITE , BUILD PC ENTERKOMPUTER

Hai guys di artikel ini gua mau review salah satu pc rakitan dari enterkomputer yang udah pake prosesor intel core i5 12400f dan vganya pake geforcre rtx 1660 super 6gb. pernah ga sih kalian kebayang kalau pc dengan prosesor intel core i5 itu harganya cuma 8 jutaan dooang, enak juga sekarang harga komponen udah murah” banget jadi gaperlu budget gede buat rakit pc gaming, nah buat info lebih lengkapnya tonton terus cvideo ini sampai habis ya.

 

  • Part pertama rakitan ini pake prosesor intel core i5 12400f, prosesor ini punya total 6 performance core dan 12 thread tanpa adanya eficient core, agak sayang sih beda sama adiknya core i5 13400f yang punya 6 core dan 4 efficient core buat penggunaan yang efisien. tapi walau kaya gitu prosesor ini tetep udah bisa ngehandle berbagai kegiatan sehari” kaya gaming dan kerja plus udah support ram ddr5 juga.

  • Motherboard yang dipake di pc ini adalah msi pro h610m e ddr4, secara tampilan motherboard ini biasa aja tampilannya dengan 2 slot ram dan 1 buah slot ssd nvme. sayangnnya disni gaada vrm heatsink ya jadi buat performa agak kurang tapi ya namanya juga pc dengan budtget yang ngepress menurut gua udah cukup sih. disamping itu port” nya juga udah lengkap ya karena untuk backpanelnya aja udah ada 6 slot usb untuk kebutuhan konektifitas kita.

  • Buat media penyimpanannya pc ini pake ssd dari klevv cras c710 berukuran 512gb, ssd ini masih pake pcie gen 3×4 dengan speed read di 2050 dan write di 1650mbps. buat speednya sih standar walau diluar sana banyak yang nawarin speed lebih tinggi tapi dengan harga cuma 375ribu sih cukup worth it ya. buat garansinya ssd ini panjang banget dibanding yang lain, klevv berani kasih garansi 5tahun dengan tbw 300tb.

  • Kemudian ram yang di pake adalah adata xpg spectrix d35g ddr4 dual channel dengan total kapasitas 16gb. menurut gua ram adata ini keren banget. gua suka banget sama rgb di sisi atas ramnya, dan karena rakitan ini konsepnya hitam jadi ram ini udah cocok banget buat nguatin nuansa hitam,nya. ram yang dipake memiliki kapasitas 16gb dan menurut gua 16gb itu udah menjadi standar kapasitas rakitan pc jaman sekarang. spectrix d35g juga memiliki speed yang sama kaya yang mampu di tampung sama motherboardnya yaitu 3200mhz, jadi baik ram dan mobo itu udah ga bottleneck.

  • Next vganya pake galax geforce gtx 1660 super 6gb gddr6, buat main game kompetitif atau game advanture dengan grafis sedang udah cukup banget, walau vga ini udah dirilis sejak 2019 lalu tapi design dan performanya masih bisa bersaing untuk saat ini. vga ini juga cukup hemat daya dengan tdp 125w aja, bahkan psu recomennya aja cuma 300w, port yang dikasih vga ini juga cukup lengkap dengan 1 dvi port, 1 hdmi 2.0 port dan 1 displayport 1.4a, dengan banyak port itu kita ga di pusingin lagi sama perbedaan portnya dengan monitor kita. walau gua tau kebanyakan monitor sekarang pasti punya port hdmi dan displayportnya khususnya monitor gaming.

  • Nah untuk psunya pc ini pake psu dari super flower mega series 600w . tapi psu ini hanya berserfikat 80 plus white, sertifikasi 80 plus white ini adalah sertifikasi 80 plus paling rendah, yang artinya psu ini punya tingkat efisiensi diangka 80% baik itu dipenggunaan 20% , 50% dan 100%. jadi mungkin ada beberapa orang yang takut akan sertifikasi ini, tapi sebenernya sertifikasi white ini termasuk aman daripada psu” lain diluar sana yang gaada sertifikasinya sama sekali. beda sertifikasi ini juga ga serta merta menjadi patokan bagus atau tidaknya sebuah psu tapi hanya lebih ke tingkat efisiensi saat digunakan aja,

  • Sistem pendinginannya pake cube gaming sharpen yang keren banget menurut gua, tampilannya simple dengan 4 buah heatpipe untuk menyalurkan panas ke tiap sirip heatsinknya. fannya sendiri ada di tengah dan jadi keliatan clean ga berantakan gitu. tapi kekurangannya adalah kalau fanmnya rusak gabisa diganti dengan yang baru dan harus diakalin gitu, pasangnya juga susah karena menggunakan kjaya kunci inggris tapi karena ini paket udah dalem kondisi kerakit jadi bukan lagi maslaah buat kalian.

  • Buat fan casing pc ini pake 3 fan dari pccooler 3 buah buat jadi exhaust, dua di atas dan 1 di belakang. buat build qualitynya cukup bagus ya dan bentuk bladenya itu cukup keren dan gua suka mirip” kaya blade arctic gitu. fan casing ini fungsinya buat ngeoptimalin suhu yang ada di dalem pc, jadi pc bisa beroperasi dalam kondisi suhu yang normal.

  • Untuk urusan konektifitas paket ek gaming ini dilengkapi tp-link usb wifi yang udah ada antenanya jadi jangkauan wifinya juga luas banget
  • Dan yang terakhir casingnya, casingnya pake cube gaming linsel terbaru. casing ini bisa muat mobo berukuran matx dsan itx. sisis depan casing ini cukup unik dan bsia ngebuat cahaya” rgb keluar dari lubang” depannya. casing ini sebenernya dapet 2 fan casing tapi dicopot dna diganti sama fan csing cubne gaming halo yang gua sebutin sbeelumnya supaya lebih senada aja semua fan di casing ini. yang keren sih casing ini udah ada pre installed vertical gpu mounting. jd kalau kalian mau bikin vertical gpu tinggal beli gpu riser aja dan ga nyangka aja karena cukup jarang casing berukuran matx ada vertical mountnya.

Oke sekarang gua mau benchmark pc rakitan ini menggunakan benchmark sintetis, beberapa game kompetitif dan triple a, dan gua tambahin proses rendering video beresolusi 4k dengan durasi 2 menit dengan banyak essential graphic yang gua dapet dari youtube daunnet media dan berikut hasil benchmarknya.

Oke kesimpulannnya untuk rakitan pc kali ini menurut gua keren banget ya dengan budget terbatas tapi bisa build pc yang ga kosong” amat partnya kaya padet gitu dalemnya. kombinasi prosesor intel core i5 12400f dan gtx 1660 super asik banget buat ngelibas game” competitif sama triplle a. buat rendering juga udah enak banget dan ga m,akan waktu yang lama. selain buat game dan rendering pc ini juga udah support aplikasi seperti blender, sketchup dan aplikasi lainnya yang menggunakan prosesor dan vga sebagai base operasionalnya. kaya biasa pc rakitan dari enterkomputer ini udah dalam kondisi kerakit dan tinggal bawa pulang aja kalau kalian mau beli, untuk harga pc ini ada di angka 8.920.000 tapi di diskon menjadi sekitar 8.490.000. nama paket pc ini adalah ek gaming battlestar Lite.

 

Artikel Terkait: