BUKAN BUAT KAUM MENDANG MENDING , RAKIT PC ENTERKOMPUTER , PC RAKITAN 22 JUTAAN

BUKAN BUAT KAUM MENDANG MENDING , RAKIT PC ENTERKOMPUTER , PC RAKITAN 22 JUTAAN

Hai guys di artikel kali ini gua mau ngereview sebuah pc yang keren banget dengan tema white and black dan full rgb. untuk rakitan kali ini emang agak” sultan sih karena harganya lumayan menurut gua, jadi pc ini pake prosesor amd ryzen 7 5700x dan vganya pake geforce rtx 4070 white edition. jelas lah pc ini bukan buat enak dimainin game atau kerja doang tapi juga enak banget buat dipamerin kan. nah untuk spesifikasi lengkapnya akan gua jelasin ke kalian jadi simak terus artikel ini sampai habis ya.

  • Part pertama pc ini pake prosesor amd ryzen 5 5700x, prosesor ini punya 8 core dan 16 thread yang udah cukup banget buat main game dan editing, prosesor ini merupakan seri x yang punya core dan juga performa yang lebih bagus ketimbang seri g atau polosnya ryzen. ryzen seri x ini juga dipake karena buat ngejer performanya yang tinggi buat menunjang si pc rakitan ini.

  • Next motherboardnya pake asrock b550 pro 4. secara tampilan motherboard ini punya tema black and white dan cukup banyak fitur”nya. heatsink vrmnya cukup besar buat ngehandle panas si vrm itu sendiri supaya dalam kegiatan gaming atau rendering bisa dilakuin tanpa adanya lagging atau hambatan. selain itu port” dan header”nua juga cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan kita kaya argb header dan slot sata.

  • Untuk media penyimpanannya pc ini pake adata legend 710 yang berukuran 1tb, ssd ini masih pake pcie gen 3 x4 dengan speed read 2400mbps dan wrtie di 1800mbps. untuk speed kayanya agak kureng ya padahal udah pake prosesor gen terbaru. tapi untuk harga 673ribu sih gua akan merelakan speed ya demi size, karena ya kalo buat dipake game atau render sih speed segitu udah cukup pas ya. dan kalau merasa butuh lebih banyak storage atau yang lebih cepat bisa tambah 2 lagi ssd nvme karena motherboard yang kita pake punya 3 slot ssd nvme. nah di paket penjualan ssd ini juga u dah dapet heatsink tapi kita ga pake karena udah ada heatsink bawaan dari mobo yang lebih bagus. untuk durability ssd ini tbwnya sebesar 520tb dengan 3 tahun garansi ya guys.

  • Nah disini ramnya pake ram sejuta umat ya dan gua pribadi pake juga ,ramnya adalah adata ddr4 xpg spectrix d50 3200mhz dengan kapasitas 2x8gb . walau modelnya udah lama tapi masih terkesan enak dipandang dan ga keliatan jadul, masih oke banget buat di pasang di pc ini karena desainnya yang long lasting, dan gua yakin dari beberapa viewer gua yang udah punya pc juga pake ram ini.

  • Pc ini pake vga dari galax geforce rtx 4070 12gb gddr6x ex gamer yang warna putih, vga ini tampilannya simple banget ya di sisi sampingnya, padahal vga ini udah ada 3 fan buat sistem pendinginnya dan vga ini cuma membutuhkan 1 x 8 pin pcie doang buat powernya, selain itu vga ini juga nguatin tema hitam putih pc ini. buat dipake ngegame atau rendering udah enak banget sih. daya yang dibutuhin sama vga ini juga termasuk hemat, cuma butuh psu dengan ukuran 600w aja.

  • Nah karena minimal psu pc ini cuma 600w maka dipakelah psu dari super flower mega series 600w . tapi psu ini hanya berserfikat 80 plus white, sertifikasi 80 plus white ini adalah sertifikasi 80 plus paling rendah, yang artinya psu ini punya tingkat efisiensi diangka 80% baik itu dipenggunaan 20% , 50% dan 100%. jadi mungkin ada beberapa orang yang takut akan sertifikasi ini, tapi sebenernya sertifikasi white ini termasuk aman daripada psu” lain diluar sana yang gaada sertifikasinya sama sekali. beda sertifikasi ini juga ga serta merta menjadi patokan bagus atau tidaknya sebuah psu tapi hanya lebih ke tingkat efisiensi saat digunakan aja, sebagai contoh psu berukuran 1000 w sertifikasi 80 plus white ketika dipergunakan sebesar 100% maka yang sebenarnya disalurkan atau disuplai ke komponen hanya sebesar 800w saja, sementara yang 200w lagi hanya terbuang begitu saja menjadi panas. sementara psu 1000 w sertifikasi 80 plus gold ketika digunakan sebesar 100% yang akan tersalurkan hanya 870w saja sementara yang 130w terbuang begitu saja menjadi panas. kalau misal kalian masih kurang paham bisa tulis di kolom komentar ya.

  • Buat sistem pendinginnya pc ini pake cpu cooler dari prime anima 240mm black yang udah pernah gua review sebelumnya. cpu cooler ini keren banget sih dengan lcd di cpu blockn ya yang informatif banget buat nampilin berbagai profile, seperti cpu usage , gpu usage, cpu temp, gpu temp, bisa buat nampilin gif atau gambar template atau custom juga dan banyak lainnya. cpu cooler ini juga pernah gua test dan bisa ngehandle panas dari cpu dengan cukup baik juga.

  • Karena slot fan casing di pc ini cukup banyak jadi disini dipake 2 box cube gaming halo dengan total 6 buah fan dan tambahan 1 fan aigo darkflash infinity . fan casing ini bertugas untuk mendinginkan suhu di dalam pc supaya tetap bisa beroperasi dengan stabil dan kondisi pc kita juga awet karena berjalan dalam suhu yang aman. karena agak sayang juga sih kalau pc ini dikasih fan seadanya gitu jadi ditambahin fan supaya pc ini lebih keliatan maximal.

  • Nah ada tambahan sedikit pc ini pake cable sleeve argb yang 24pin dan 8 pin cable set dari prime, penambahan ini buat estetika dan tampilan aja sih, biar pc ini ga nanggung” gitu rgbnya. enaknya rgb sleeve ini bisa di syncronisasi ke mobo juga jadi bisa senada semua warna rgb di pc ini.

  • Yang terakhir adalah casingnya. pc ini pake casing prime h y v.2 yang warna putih. buat urusan kompatibilitynya casing ini lengkap banget ya, casing ini bisa muat mobo berukuran atx dan yang gua suka casing ini bisa menggunakan psu yang berukuran atx, jadi bisa lebih menghemat cost pc ini. selain itu casing ini juga bisa muat sampe total 10 fan sekaligus tapi buat saat ini sih pakenya 7 fan plus 2 yang didapet dari cpu coolernya. buat build qualitynya casing ini cukup kokoh dan tampilannya cakep banget buat diataro diatas meja, semua mata bakal tertuju dulu sih pasti ke pc ini kalau pake casing prime h y v.2.

Sekarang gua mau benchmark pc rakitan ini pake benchmark sintetis, bneberapa game berat dan gua tambahin proses rendering video beresolusi 4k dengan durasi 2 menit dengan banyak essential graphic yang guda dapet dari daunnet media dan berikut hasil benchmarknya.

Kesimpulan dari gua pc ini keren banget dengan tema black and white dan buat bebrapa komponennya tuh ga nanggung” dan sengaja banget emang mau nonjolin rgb disetiap partnya. keliatan keren banget lah kalo misal ditaro diatas meja dan eyecatching banget, gua jamin sih pc ini pasti di idam”kan sama ban yak orang. performa yang dihasilkan sama ryzen 7 5700x dan vga rtx 4070 ti juga asik banget buat menuhjin kebutuhan main game harian atau sekedar kerja kaya rendering dan editinng. buat aplikasi” lain kaya autocad atau sketchup dan blender sih udah cukup banget. nah buat harganya pc ini di bandrol seharga 22.693.000 tapi di diskon lagi menjadi 21.790.000, gila aja diskonnya hampir 1 juta dong. buat namanya pc ini adalah ek gaming battle freedomz bw.

Artikel Terkait: