Pemimpin LG Meninggal Dunia


Perusahaan konglomerasi elektronik asal Korea Selatan mengumumkan bahwa pemimpin LG meninggal dunia. Pemimpin yang dimaksud adalah Koo Bon-Moo. Ia meninggal dunia pada usia 73 tahun. Wafatnya Koo  Bon-Moo yang lahir pada 10 Februari 1945, menurut Reuters, terjadi setelah selama satu tahun, ia berjuang melawan penyakit tumor otak. Selama masa tersebut, ia tetap aktif berperan sebagai ketua. Hal itu ia lakukan atas dasar rasa hormat dan sebagai bentuk kontribusi terhadap perusahaan ia bernaung.

Faktanya, Koo Bon-Moo merupakan generasi ketiga dari keluarganya yang memimpin perusahaan konglomerasi asal negeri gingseng tersebut. Koo  Bon-Moo mengambil alih bangku kepemimpinan dari ayahnya, Koo Ja-kyung, pada tahun 1995. Saat menjabat sebagai pimpinan, ia berhasil melipat gandakan pendapatan LG hingga $ 150 miliar Amerika Serikat (AS), lebih dari $ 100 miliar AS berasal dari ekspor. Semasa menjabat sebagai pimpinan, ia berfokus pada bisnis elektronik, bahan kimia, dan telekomunikasi. Selain itu, ia juga turut mengawasi proses perubahan nama perusahaan, dari Lucky Goldstar ke LG.

Dalam sepak terjang karirnya, ia juga juga menjadi dalang dibalik investasi perusahaan untuk liquid crystal display (LCD) dan baterai lithium-ion. Saat ini, LG Display adalah pemain terkemuka di industri panel LCD dan organic light-emitting diode (OLED). LG Chem pun adalah salah satu pemasok baterai mobil listrik saat ini.

Koo sempat dirawat di rumah sakit sebelumnya karena mengalami gangguan kesehatan akibat operasi tumor otak tahun lalu. Sebelum kepergiannya, Kwoo Kwang-mo, putra dari  dari Ketua Grup Heesung Koo Bon-Neung yang diadopsi oleh Koo Bon-Moo pada 2004, telah dipersiapkan sebagai seorang direktur. Kwoo Kwang-mo memiliki kepemilikan di LG Corp sebesar 6%.

Koo Kwang-MoKoo Kwang-Mo

Kwoo Kwang-mo belajar di AS setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas. Di AS, ia mengambil jurusan teknik dan kemudian mendapatkan gelar master dalam bidang manajemen. Dia bergabung dengan LG Electronics sebagai asisten manajer keuangan pada tahun 2006 dan melakukan tugas di New Jersey. Dia kembali ke AS pada tahun 2013 untuk bekerja di bagian pengembangan produk unit hiburan rumah. Sekarang, dia adalah direktur pelaksana LG Synergy.

Artikel Terkait: