SIKECIL POWERFULL TAPI MURAH , EK GAMING BATTLE PACK V.2 , RAKITAN PC ENTERKOMPUTER

SIKECIL POWERFULL TAPI MURAH , EK GAMING BATTLE PACK V.2 , RAKITAN PC ENTERKOMPUTER

Hai guys di artikel kali ini gua mau ngereview pc mungil dari enterkomputer buat para pecinta pc kecil tapi powerfull. pc mungil ini pake prosesor amd ryzen 5 5600 dan pake vga galax geforce gtx 1660 super yang jadi primadona pada jamannya. biasa kaya yang kita tau kalau pc yang ukurannya kecil atau mini gitu punya harga yang jauh lebih mahal daripada biasanya, intinya kaya bisa dapet performa yang sama tapi dengan ukuran yang lebih kecil, compact dan ga makan banyak tempat di meja. tapi enggak dengan pc mungil satu ini, walau ukurannya kecil tapi pc ini cukup powerfull dan keliatan padet dalemnya jadi kaya berisi. pasti kalian penasaran kan pake part apa aja sih pc ini jadi bisa kecil tapi harganya tetep murah, so simak terus artikel ini sampe habis ya.

 

  • Mulai dari part pertama pc ini pake prosesor amd ryzen 5 5600 polos , prosesor ini punya 6 core dan 12 thread yang udah cukup banget dipake harian kaya ngegame atau editing video. prosesor ini udah punya l3 chace cukup besar yang nghebuat performa untuk gaming juga meningkat. dengan harga cuma 1.820ribu menurut gua prosesor ini worth it banget karena udah dapet prosesor menengah yang performanya sangat baik di harga segitu. daya yang dibutuhin prosesor ini juga ga terlalu besar jadi ga usah pake cooler yang performanya bagus juga jadi bisa ngehemat cost.

  • Next motherboardnya pake asrock b550m phantom gaming 4, motherboard ini berukuran m-atx yang punya cukup banyak port rgb header ya, walau pc ini minim rgb dan cuma kepake 1 slot aja tapi kalau semisal mau upgrade fan casing yg rgb atau fan cpu jadi ga perlu pusing lagi. tampilan motherboard ini cukup simple dan standar banget, tapi setidaknya masih ada heatsink vrm lah yah buat bikin adem waktu dipake berjam jam. slot ssd nvmenya ada dua jadi kalau misal berasa kurang bisa tambah 1 lagi pas banget sekarang harga ssd nvme udah murah banget.

  • Karena yang dipake di pc ini adalah adata legend 710 yang ukurannya 512gb, ssd ini masih pake pcie gen 3 x4 dengan speed read 2400mbps dan wrtie di 1800mbps. untuk speed kayanya agak kureng ya padahal udah pake prosesor gen terbaru. tapi untuk harga 408ribu sih gua akan merelakan speed ya demi size, karena ya kalo buat dipake game atau render sih speed segitu udah cukup pas ya. nah di paket penjualan ssd ini juga u dah dapet heatsink tapi kita ga pake karena udah ada heatsink bawaan dari mobo yang lebih bagus. untuk durability ssd ini tbwnya sebesar 520tb dengan 3 tahun garansi ya guys.

  • Kemudian ram yang di pake adalah adata xpg spectrix d35g black edition ddr4 dual channel dengan total kapasitas 16gb. menurut gua ram adata ini keren banget. gua suka banget sama warna hitam dan rgb di sisi atas ramnya, dan karena rakitan ini konsepnya hitam jadi ram ini udah cocok banget buat nguatin nuansa hitamnya. ram yang dipake memiliki kapasitas 16gb dan menurut gua 16gb itu udah menjadi standar kapasitas rakitan pc jaman sekarang.menurut gua ram ini worthit banget karena dengan harga cuma 677ribu udah dapet ram yang udah rgb dan cukup mainstream dipake sama orang.

  • Next vganya pake galax geforce gtx 1660 super 6gb gddr6, buat main game kompetitif atau game advanture dengan grafis sedang udah cukup banget, walau vga ini udah dirilis sejak 2019 lalu tapi design dan performanya masih bisa bersaing untuk saat ini. vga ini juga cukup hemat daya dengan tdp 125w aja, bahkan psu recomennya aja cuma 300w, port yang dikasih vga ini juga cukup lengkap dengan 1 dvi port, 1 hdmi 2.0 port dan 1 displayport 1.4a, dengan banyak port itu kita ga di pusingin lagi sama perbedaan portnya dengan monitor kita. walau gua tau kebanyakan monitor sekarang pasti punya port hdmi dan displayportnya khususnya monitor gaming.

  • Nah ini adalah salah satu hal kenapa pc mungil yang satu ini bisa tetep di harga yang terjangkau, karena pc ini pake psu yang ukurannya full size atau atx, kebanyakan pc” mungil kyk nr200p atau lianli o11 dynamic mini aja mengharuskan pake psu ukuran kecil, untungnya casing yang nanti dipake bisa muat full size psu jadi aman, cuma disni pake yang semi modular ya tetep, jelas buat ngurangin kabel” yang ga kepake jadi kabel management lebih rapih lagi. nah psu semi modular ini apa sih, jadi yang semi modular ini dia udah ada kabel yang tertanam dan kabel additonal kalau kita emang butuh kaya kabel pcie dan sata atau molex. yang paling penting sih psu i ni udah 80plus bronze dan udah pake heavy duty capasitor jepang yang biasa dipake di psu” tier atas. dan antec dengan pdnya ngasih garansi selama 5 tahun yang ngebuat kita jadi menang banyak.

  • Untuk sistem coolingnya disini pake be quiet pure rock 2, menurut gua cpu cooler ini pas banget ya buat ngehandle ryzen 5 5600 karena posisinya ada di casing yang mungil dan bisa dibilang jauh dari kata airflow yang baik, dan kaya namanya aja cpu cooler ini senyap banget tapi ga menyampingkan performanya, dan karena cpu ccooler ini jenis tower gua kira gaakan muat dan mentok, tapi ternyata pas banget sama tempered glassnya dan ngebuat pc ini jadi padet banget, selain itu pc ini juga ditambah 3 buah fan casing dari cube gaming black ya, 1 di sisi atas dan 2 di bawahnya. dan pas gua main game cek suhunya, bener” suhu pc ini adem banget mulai dari vga sama cpunya.

  • Untuk urusan konektifitas paket ek gaming ini dilengkapi tp-link tl-wn781nd yang punya interface pcie. keunggulan wifi ini menggunakan socket pcie yang lebih baik dan jarang error atau lost signal karena langsung terkoneksi sama mobonya.

  • Nah karena pc ini ada temperedglass tapi part di dalemnya cuma ram doang yang ada rgbnya, maka disini ditambah cube gaming flexing 1 buah untuk nerangin isi dalem pc ini, sekedar buat ambient aja biar isi dalem pc ini ke highlight, karena agak sayang yang casing yang udah tempered tapi dalemnya gelap gitu kaya mending pake yang mesh aja gitu kan. dan secara ga langsung penambahan neon strip ini juga ngebuat tambah mewah gitu, apalagi udah bisa di atur sesuai keinginan kita warnanya mau apa pake software mobo karena udah pake slot argb.

  • Last but not least pc ini pake casing mungil cube gaming axel v.2,. untuk versi v2nya ini kuran glebih sama kaya yang v1 cuma ada penambahan seperti ada slot usb type c di front panel dan sisi depan nya udah mesh. nah asiknya casing ini sih dia itu cukup versatile ya. banyak slot yang bisa digunakan dengan banyak kebutuhan. sisi belakang yang mesh buat memperkuat aiflownya. sistem locknya udah pake pin jadi lebih bersih tanpa baut bautan. dan bahan nya juga solid banget sih ga kaya casing murah gitu ya kaya kaleng krupuk. casing ini juga bisa pake vertical mount vga cuma bisa nambah bbudget yang ga sedikit lagi karena ada perubahan part. selama gua review casing cube gaming, casing cube gaming ini merupakan casing yang paling firm dan kokoh dioantara casing yang lainnya.

Oke sekarang gua mau benchmark pc rakitan ini menggunakan benchmark sintetis, beberapa game kompetitif dan triple a, dan gua tambahin proses rendering video beresolusi 4k dengan durasi 2 menit dengan banyak essential graphic yang gua dapet dari youtube daunnet media dan berikut hasil benchmarknya.

Oke guys, kesimpulan dari gua pc ini merupakan salah satu casing mungil nan kecil yang punya harga cukup murah, buat ditaro diatas mejapun dia gaakan bikin nyemak atau engap gitu. tapi walau kecil kaya hasil pengetesan gua tadi suhunya adem ayem banget dan suara fannya ga berisik, sopan banget di telinga. performa yang di torehkan juga bagus banget ya baik itu dibuat pake ngegame atau pun rendering, atau misalnya mau dibuat streaming kecil”an juga udah bagus ya, buat software” kaya sketchup atau blender aman” aja ya di pc mungil ini. nah buat harganya nih murah banget menurut gua ya itu ada di angka 10.333.000 tapi di diskon menjadi 9.790 ribu doang. hemat sekitar 500ribuan lumayan lah buat beli screenbar atau pheripheral lainnya. nama paket pc ini adalah ek gaming battle pack v.2 dan mending kalian buruan beli karena stocknya ga banyak.

Artikel Terkait: