6 JUTA BUAT BIKIN PC PUTIH? RAKIT PC ENTERKOMPUTER EK GAMING CONCEPTOR EG

6 JUTA BUAT BIKIN PC PUTIH? RAKIT PC ENTERKOMPUTER EK GAMING CONCEPTOR EG

Hai guys balik lagi di ulasan id, di video ini gua mau review salah satu pc rakitan dari enterkomputer yang udah pake prosesor AMD Ryzen 5 5500 dan vganya pake amd radeon rx 580 8gb. buat budgetnya pc ini murah banget yah dengan kombinasi prosesor dan vga tadi harganya cuma 6 juta 90 ribu doang, nah buat info lebih lengkapnya tonton terus artikel  ini sampai habis ya.

  • Oke guys untuk part Pertama rakitan ini pake prosesor ryzen 5 5500,prosesor ini merupakan lini produk amd ryzen dengan arsitektur zen 3, procesor ini memiliki 6 core dan 12 thread untuk menunjang kegiatan kantoran maupun gaming, ryzen 5 5500 memiliki clockspeed sebesar 4.2ghz dengan daya yang bisa dihasilkan secara default yaitu 65w. karena daya yang rendah kita gaperlu dipusingin lagi sama cpu cooler yang punya harga cukup mahal buat beberapa orang.

  • Motherboard yang dipake di pc ini adalah arktek alpha force akb550m eg, secara tampilan mobo ini biasa aja ya kaya mobo entry level pada umumnya dengan 2 slot ram dan 1 buah slot ssd nvme , sayangnya mobo ini gaada vrm heatsink ya jadi buat performa pasti ketahan dikit buat jaga suhu vrm tetap stabil. disamping itu port” dan headernya juga udah lengkap ya dan udah tersedia usb 3 juga buat transfer data lebih cepat.

  • Buat media penyimpanannya pc ini pake ssd dari klevv cras c710 berukuran 512gb, ssd ini masih pake pcie gen 3×4 dengan speed read di 2050 dan write di 1650mbps. buat speednya sih standar walau diluar sana banyak yang nawarin speed lebih tinggi tapi dengan harga cuma 375ribu sih cukup worth it ya. buat garansinya ssd ini panjang banget dibanding yang lain, klevv berani kasih garansi 5tahun dengan tbw 300tb.

  • Kemudian ram yang di pake adalah cube gaming saber ddr4 3200mhz dual channel dengan kapasitas 16gb, jujur untuk ram ddr4 16gb dengan harga cuma 475rb sih ram ini punya model yang cukup keren, garis garis tegas secara ga langsung menegaskan kalau ini merupakan ram yang dikhususkan untuk gaming. walau murah ram ini sudah menggunakan plate alumunium yang sekaligus menjadi peredam panasnya, memang sih ram ini belum ada rgb di sisi atasnya kaya ram lainnya, tapi secara performa ram cube gaming blade ini ga kalah dengan ram yang lain. ngomong” chipset yang digunakan juga merupakan chipset dari produsen chipset terkemuka yaitu micron, dan dengan percaya diri cube gaming juga kasih ram ini garansi seumur hidup sampai kapanpun. jadi gaperlu dikhawatirin lagi sih sama build quality dan after salesnya.

  • Next vganya pake arktek rx 580 dengan kapasitas 8gb gddr5, merupakan generasi polaris 20 xl dengan stream prosesor sebanyak 2048 sp , berkapasitas 8gb gddr5 dengan memori bus di 256bit udah jelas kalau vga ini bisa dengan mudah ngelibas game” mainstream dan juga kompetitif. dari websitenya vga rx 580 ini mengonsumsi daya sebesar 125w dengan minimum power supply recomendation diangka 550w. jumlah display outputnya juga kaya banget dengan adanya 3 display port dan 1 hdmi, untuk koneksi 4 monitor ke 1 pc udah jelas bisa.

  • Nah untuk psunya pc ini pake psu dari super flower mega series 500w . tapi psu ini hanya berserfikat 80 plus white, sertifikasi 80 plus white ini adalah sertifikasi 80 plus paling rendah, yang artinya psu ini punya tingkat efisiensi diangka 80% baik itu dipenggunaan 20% , 50% dan 100%. jadi mungkin ada beberapa orang yang takut akan sertifikasi ini, tapi sebenernya sertifikasi white ini termasuk aman daripada psu” lain diluar sana yang gaada sertifikasinya sama sekali. beda sertifikasi ini juga ga serta merta menjadi patokan bagus atau tidaknya sebuah psu tapi hanya lebih ke tingkat efisiensi saat digunakan aja.

  • Sistem pendinginannya pake pccooler paladin ex400s, tampilannya simple dengan 4 buah heatpipe untuk menyalurkan panas ke tiap sirip heatsinknya. fannya kaya biasa ada di sisi depan buat ngedorong udara melewati sirip” heatsinknya.. yang keren fan 12cm ini udah argb jadi bisa kita setting” warna dari fan ini sesuai dengan keinginan kita.

  • Untuk urusan konektifitas paket ek gaming ini dilengkapi sama tp-link 150mbps usb adapter wifi versi antena, untuk versi antena jelas udah lebih bagus karena punya daya tangkap sinyal yang lebih baik.

  • Dan semua komponen tadi akan masuk ke casing dari cube gaming cayn yang warna putih. casing ini memiliki tampilannya yang keren dan simple, designnya juga tergolong ke dalam casing yang mimimalis, casing ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan ga makan banyak tempat. walau kecil tapi casing ini punya compatibility yang cukup baik, casing ini bisa muat motherboard dengan ukuran matx plus radiator 240mm disisi atasya. di bagian belakang juga terdapat slot untuk 1 buah fan casing yang udah terpasang 1 buah fan casing cube gaming fix white rgb sebagai exhaustnya . enakanya lagi casing ini juga udah include 3 buah fan rgb di sisi depannya.casing ini punya build quality yang kokoh dan juga solid dengan aksen garis”.

Sekarang gua akan benchmark pc rakitan gua ini dengan menggunakan benchmark sintetis, beberapa game kompetitif dan triple a, dan gua tambahin proses rendering video beresolusi 4k dengan durasi 2 menit dengan banyak essential graphic yang gua dapet dari youtube daunnet media dan berikut video benchmarknya.

Kesimpulannya dengan budget cuma 6 juta kita juga bisa punya pc rakitan yang cukup buat main game tipis” maupun video editing,m ditaro diatas meja buat pamer atau sekedar mengagumi pc yang kita punya juga bisa. prosesoramd ryzen 5 5500 dan rx 580 8gb juga udah cukup banget pas gua coba iseng” valorant dan gaada drop fps yang mengganggu karena ssd yang kita pake klevv cras c710 juga udah cukup cepat dan nga ngebuat delay waktu main game. casingnya simple keren dan estetik plus airflownya cukup bagus untuk ngebuat komponen lain tetap adem pas dipake full load. kaya biasa pc rtakitan dari enterkomputer ini udah dlaam kondisi kerakit dan tinggal bawa pulang aja klau kalian mau beli, untuk harga pc ini ada diangka 6.319.000 tapi di diskon menjadi 6.090ribu aja guys. nama paket pc ini adalah ek gaming battle conceptor eg jadi langsung aja kalian order atau beli paket pc ini.

Artikel Terkait: