RAKIT PC FULL WHITE 15 JUTAAN DOANG || EK GAMING BATTLE FORTIES WHITE || RAKIT PC ENTERKOMPUTER

RAKIT PC FULL WHITE 15 JUTAAN DOANG || EK GAMING BATTLE FORTIES WHITE || RAKIT PC ENTERKOMPUTER

Hai guys di artikel kali ini gua mau ngereview salah satu pc yang cukup unik dari enterkomputer, pc ini bentuknya kaya storage perkakas gitu dan bisa ditenteng bawa kemana” karena ada handle di atas casingnya, pc rakitan ini pake prosesoir intel core i5 13400f dan vganya pake geforce rtx 4060 8gb white edition. kombinasi prossesor dan vga ini pasti enak banget buat menuhin kebutuhan sehar” baikj gaming maupun kerja. nah untuk spesifikasinya akan gua jelasin jadi kalian tonton terus video ini sampai habis ya.

  • Part pertama rakitan ini pake prosesor intel core i5 13400f, prosesor ini punya total 10 core yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu 6 performance core dan 4 efficient core plus 16 thread. buat yang ga paham kenapa intel ngebagi prosesornya ini jadi dua bagian bukan tanpa alesan. sesuai namanya untuk performance core jelas core ini akan bekerja atau berfungsi untuk mengerjakan kegiatan” yang membutuhkan core dengan performa tinggi seperti rendering ataupun ngegame, sementara efficient core sesuai dengan namanya dikhususkan untuk menjalankan task task ringan kaya aplikasi background, browsing” atau sekedar excel. jelas karena pembagian core ini ngebuat pc jadi bisa lebih efektif dalam penggunaan daya di setiap kegiatan kita pake pc. dan kaya biasanya di videovideo gua sebelumnya ada huruf f di kode prosesor ini, f ini mengartikan kalau prosesor ini tidak memiliki vga bawaan jadi untuk displaynya kita perlu menggunakan yang namanya vga eksternal. karena gaada vga bawaan juga prosesor ini bisa jadi lebih murah dan neken budget kita juga.

  • Next motherboardnya pake asrock b760m pro rs, motherboard ini pas banget sama paket pc ini, walau berwarna silver tapi silvernya ini kaya berklamuflase dan ga ketara banget mengingat rakitan ini full white, mobo ini udah dilengkapin sama 8 pin power phase vcore+gt untuk overclock tipis” bisa banget pake mobo ini buat ngeboost fps waktu main game juga. selain itu port” dan headers”nya juga cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan kita kaya argb header dan thunderbolt 4.

  • Untuk media penyimpanannya pc ini pake adata legend 800 yang berukuran 1tb, ssd ini udah pake pcie gen 4 x4 dengan speed read 3500mbps dan wrtie di 2200mbps. untuk speed kayanya agak kureng ya karena biasanya ssd pcie gen 4 speednyta udah diatas 5000an, bisa dibilang ini ssd pcie gen 4 siluman.. tapi untuk harga 707ribu sih gua akan merelakan speed ya demi size, karena ya kalo buat dipake game atau render sih speed segitu udah cukup pas ya. nah di paket penjualan ssd ini juga u dah dapet heatsink tapi kita ga pake karena udah ada heatsink bawaan dari mobo yang lebih bagus. untuk durability ssd ini tbwnya sebesar 1200tb dengan 3 tahun garansi ya guys. tbwnya sih gede banget dibanding ssd lainnya.

  • Kemudian ram yang di pake adalah adata ddr5 xpg lancer white version 6000mhz berkapasitas 2 x 16GB atau total 32gb. ram dari adata ini emang banyak banget menjadi pilihan buat ngerakit pc, tampilannya yang simple tapi tegas dengan garis” menyamping plus rgb di sisi atasnya. dengan speed 6000mhz menurut gua udah cukup sih karena sekarang juga belum banyak game dan software yang mendukung penggunaan ram ddr5, belum terlalu signifikan lah. tapi ada bagusnya juga jadi kita gausah dipusingin lagi buat upgrade pas semua software atau game udah lebih support penggunaan ram ddr5 karena ram ini udah siap. semisal kalian butuh ram yang ukurannya lebih besar juga bisa ditambah aja ramnya karena motherboard yang dipake masih sisa 2 slot kosong.

  • Next vganya pake maxsun geforce rtx 4060 8gb gddr6 terminator white edition.vga dari maxsun ini menurut gua udah cukup banget dan menjadi standar tengah di jajaran rtx 4000 series. gua pribadi pake vga ini juga buat main game dan rendering video yang gua produksi. selama pemakaian gua ga menemukan adanya kendala sama sekali sih sama vga ini. tampil;annya juga clean banget dengan warna putih dan corakcorak yang minim banget jadi build pc keliatan simple. dan jangan lupa juga fitur dlss 3 yang cukup membantu untuk boost fps dengan mengurangi hanya sedikit kualitas gambar di dalam game nah enaknya sih sebenarnya di power consumptionya yang rendah,.karena vga ini cuma butuh psu berkapasitas 550w aja untuk sistemnya.

  • Nah karena minimal psu pc ini cuma 600w maka dipakelah psu dari super flower mega series 600w . tapi psu ini hanya berserfikat 80 plus white, sertifikasi 80 plus white ini adalah sertifikasi 80 plus paling rendah, yang artinya psu ini punya tingkat efisiensi diangka 80% baik itu dipenggunaan 20% , 50% dan 100%. jadi mungkin ada beberapa orang yang takut akan sertifikasi ini, tapi sebenernya sertifikasi white ini termasuk aman daripada psu” lain diluar sana yang gaada sertifikasinya sama sekali. beda sertifikasi ini juga ga serta merta menjadi patokan bagus atau tidaknya sebuah psu tapi hanya lebih ke tingkat efisiensi saat digunakan aja, sebagai contoh psu berukuran 1000 w sertifikasi 80 plus white ketika dipergunakan sebesar 100% maka yang sebenarnya disalurkan atau disuplai ke komponen hanya sebesar 800w saja, sementara yang 200w lagi hanya terbuang begitu saja menjadi panas. sementara psu 1000 w sertifikasi 80 plus gold ketika digunakan sebesar 100% yang akan tersalurkan hanya 870w saja sementara yang 130w terbuang begitu saja menjadi panas. kalau misal kalian masih kurang paham bisa tulis di kolom komentar ya.

  • Buat ngejinakin prosesor intel core i5 dipercayakan kepada deepcool ag400 wh argb, cpu cooler ini cukup banget lah buat ngehandle keganasan intel core i5 13400f. dengan 4 heatpipe dan 1 buah fan argb yang bisa di syncronisasi ke motherboard udah pas banget. secara tampilan cpu cooler ini cukup simple dan tanpa emblem” gitu kaya budget cpu cooler tapi deepcool sih udah terkenal bangwet sama cpu cooler buatan mereka jadi kita ga takut lagi buat urusan pendinginnya.

  • Untuk urusan konektifitas paket ek gaming ini dilengkapi tp-link tl-wn781nd yang punya interface pcie. keunggulan wifi ini menggunakan socket pcie yang lebih baik dan jarang error atau lost signal karena langsung terkoneksi sama mobonya.

  • Tambahan 5 fan aigo darkflash infinity white edition untuk memaksimalkan slot dan menjaga suhu di dalem casing tetap adem. fan casing ini bertugas untuk mendinginkan suhu di dalam pc supaya tetap bisa beroperasi dengan stabil dan kondisi pc kita juga awet karena berjalan dalam suhu yang aman. karena agak sayang juga sih kalau pc ini dikasih fan seadanya gitu jadi ditambahin fan supaya pc ini lebih keliatan maximal.

  • Yang unik adalah casingnya. casingnya pake prime m[m] yang punya model kaya storage perkakas gitu, gua bilang gitu karena di sisi atas ada kaya handlenya gitu yang ngebuat kita bisa dengan mudah pindahin pc ini sewaktu bersih” atau mau ganti setup. buat compatibilitynya casing ini muat mobo berukuran matx dan itx dengan total 5 fan yang muat di casing ini. di sisi belakangnya ada bracket power supply plus ada 3 bracker buat nambah storage sata 3.

Oke sekarang gua mau benchmark pc rakitan ini menggunakan benchmark sintetis, beberapa game kompetitif dan triple a, dan gua tambahin proses rendering video beresolusi 4k dengan durasi 2 menit dengan banyak essential graphic yang gua dapet dari youtube daunnet media dan berikut hasil benchmarknya.

oke kesimpulannnya untuk rakitan pc kali ini menurut gua unik banget karena casingnya ini beda dari pada yang lain, kaya ngebosenin ga sih sama casing yang gitu’ aja modelnya. kombinasi prosesor intel core i5 13400f dan rtx 4060 juta asik banget buat ngelibas game” competitif sama triplle a. buat rendering juga udah enak banget dan ga m,akan waktu yang lama. selain buat game dan rendering pc ini juga udah support aplikasi seperti blender, sketchup dan aplikasi lainnya yang menggunakan prosesor dan vga sebagai base operasionalnya. kaya biasa pc rakitan dari enterkomputer ini udah dalam kondisi kerakit dan tinggal bawa pulang aja kalau kalian mau beli, untuk harga pc ini ada di angka 15.790.000 tapi di diskon menjadi sekitar 15.390.000. nama paket pc ini adalah ek gaming battle forties white jadi langsung aja kalian order atau beli paket pc ini sekalian gua mau pamit undur diri, silahkan komentar di bawah kita diskusi disitu bareng” dan jangan lupa juga buat share pendapat kalian untuk rakitan pc kali ini, see you in the next video cauuuu

Artikel Terkait: