Mario Kart 8 Deluxe Keluar dari 20 Game Teratas AS untuk Pertama Kalinya dalam Enam Tahun Terakhir

Mario Kart 8 Deluxe Keluar dari 20 Game Teratas AS untuk Pertama Kalinya dalam Enam Tahun Terakhir

Untuk pertama kalinya sejak debutnya di tahun 2017, Mario Kart 8 Deluxe yang selalu laris manis tidak lagi menjadi salah satu dari 20 game terlaris di Amerika Serikat selama satu bulan.

Oke, itu sedikit berlebihan – tetapi ini adalah penurunan yang signifikan. Mario Kart 8 Deluxe pertama kali dirilis pada bulan April 2017, ketika secara alami menduduki puncak daftar game terlaris di Amerika Serikat versi NPD Group (sekarang Circana) untuk bulan itu. Sejak bulan itu, Mario Kart 8 Deluxe telah masuk dalam 20 besar game terlaris di AS, yang dilacak oleh Circana berdasarkan penjualan dolar.

Namun, seperti yang diketahui GamesIndustry.biz hari ini, untuk bulan Oktober, Mario Kart 8 Deluxe sudah tidak ada lagi. Kekuasaannya di 20 besar berlangsung selama 78 bulan berturut-turut, yang rasanya merupakan sebuah rekor tersendiri. Kami menghubungi Circana untuk memberikan komentar, dan analis Mat Piscatella mengonfirmasi penemuan GamesIndustry. Meskipun ia tidak dapat memastikan bahwa ini adalah rekor sepanjang masa untuk posisi 20 besar terlama secara berturut-turut (ia harus melihat kembali ke tahun 1995 untuk memastikannya), Piscatella mengatakan “secara teknis kemungkinan besar memang benar”. Namun ia juga mencatat bahwa jika penjualan Grand Theft Auto 5 masih termasuk dalam grafik, “mungkin ceritanya akan berbeda.” Take-Two berhenti melaporkan penjualan digital ke grup NPD pada tahun 2020, menyebabkan GTA 5 dan beberapa waralaba olahraga tahunan menghilang dari tangga lagu.

Mungkin saja, bahkan sangat mungkin, Mario Kart kembali ke posisi puncak di bulan berikutnya. Kepergiannya di bulan Oktober kemungkinan besar dipengaruhi oleh banyaknya rilis baru yang masuk ke dalam 20 besar pada bulan tersebut, termasuk Marvel’s Spider-Man 2 (#1), Super Mario Bros Wonder (#2), Assassin’s Creed: Mirage (#3), UFC 5 (#7), NHL 24 (#8), Sonic Superstars (#9), Metal Gear Solid: Master Collection Vol. 1 (#12), Forza Motorsport (#17), dan Lords of the Fallen (#20). Itu adalah jumlah game debut yang sangat banyak untuk dikalahkan oleh sebuah game berusia enam tahun, apalagi game ini juga bersaing dengan game-game terbaru lainnya yang masih laris manis seperti Madden, Hogwarts Legacy, dan Starfield. Mengingat bahwa Mario Kart 8 tidak hanya berada di 20 besar, tapi sebenarnya berada di 10 besar pada bulan Agustus lalu, tidak mengherankan jika butuh waktu satu bulan penuh dengan rilis baru untuk menggesernya ke bawah.

Yang juga perlu diperhatikan adalah bahwa sangat mungkin Mario Kart 8 secara teknis masih berada di 20 besar. Hanya saja. Diam-diam. Nintendo tidak melaporkan penjualan digital ke Circana, yang berarti bahwa Mario Kart 8 telah bertahan di posisi 20 besar selama enam tahun hanya dengan mengandalkan penjualan fisik. Hal ini tidak akan mengejutkan siapa pun yang telah mengamati bundel Switch yang suka ditawarkan Nintendo untuk Black Friday dari tahun ke tahun, tetapi ini masih merupakan prestasi yang luar biasa. Mario Kart 8 Deluxe juga tetap menjadi game Nintendo Switch terlaris dengan penjualan 57 juta unit hingga saat ini, dan merupakan game Nintendo terlaris kedua setelah Wii Sports (82,9 juta unit).

Artikel Terkait: