Micron mengatakan bahwa GDDR7 akan meningkatkan kinerja Ray Tracing dan Rasterization 30% lebih tinggi dari VRAM generasi sebelumnya

Micron mengatakan bahwa GDDR7 akan meningkatkan kinerja Ray Tracing dan Rasterization 30% lebih tinggi dari VRAM generasi sebelumnya

apakah memory bandwith yang 30% lebih tinggi berarti akan mendapatkan 30% fps lebih tinggi ?

Pabrikan membuat Chip Micron baru baru ini mengatakan Klaim soal Memory Generasi terbaru untuk Graphic Cards, GDDR7.
dibanding dengan yang saat ini ada yaitu GDDR6X dan GDDR6, Micron mengatakan teknologi ini di ekspektasikan akan mendapatkan performa FPS 30% lebih tinggi untuk pengerjaan Ray Tracing dan Rasterization

itu sebuah peningkatan performa yang sangat terasa, mau dilihat bagaimanapun itu akan tetap sebuah perubahan yang signifikan pada Desain Baru GPU ini, jika benar kalau Rate Data Transfer dan Bandwith dari GDDR7 akan 30% lebih cepat dari GDDR6/GDDR6X saat ini, mungkin akan berbeda jika performa ini di pakai untuk penggunaan Game atau Aplikasi

Micron menyuplai seluruh Chip GDDR6X yang dipakai pada GPU Nvidia, dan yang paling tercepat saat ini adalah 24 GT/s (24Miliar Transfer per detik). dan juga menjual 18GT/s GDDR6, samsung juga memiliki GDDR6 dekat speed 20GT. namun pada GDDR7, hanya Micron yang menyediakan spesifikasi yang sudah ada saat ini, yaitu 28MT\s dan 32 MT/s

Misal kita ambil angka 24, dinaikkan 30%, kita akan mendapatkan angka 31.2. Dari sini terlihat bagaimana Micron mendapatkan klaim peningkatan performanya. Tapi anggaplah kita bisa memasang memory GDDR7 ini ke GPU yang ada saat ini, apakah performa gim dan benchmark akan 30% lebih cepat, seperti yang diklaim Micron?

Memencatatkan perbedaan 30% pada kecepatan clock memang tidak mungkin, namun peningkatan 18% sudah cukup signifikan untuk memperkirakan seberapa besar pengaruh VRAM yang lebih cepat. Seperti yang bisa dilihat di atas, kenaikan 18% antara kecepatan VRAM paling lambat dan tercepat hanya menghasilkan peningkatan frame rate sebesar 5% dan 7% pada benchmark 3DMark.

Hal serupa terjadi pada Cyberpunk 2077 pada resolusi 4K. Tanpa ray tracing aktif, peningkatan terbesar terlihat pada frame rate minimum, yaitu 12% untuk Cyberpunk 2077
Menghidupkan ray tracing (path tracing untuk CP2077), bersamaan dengan DLSS Balanced dan Frame Generation untuk mendapatkan frame rate yang bisa dimainkan, sedikit menurunkan peningkatan tersebut – masing-masing menjadi 11%.

Untuk peningkatan 18% pada kecepatan VRAM, perbedaan yang paling terlihat adalah 12% yang dimana sudah cukup bagus. bagaimanapun itu hanya minimum frame rates, dan rata ratanya hanya meningkat 6%. . ini berarti RTX 4080 Super bisa saja nanti dipasangkan VRAM yang 30% lebih cepat, namun tidak bisa mendapatkan peningkatan yang terasa saat memainkan game.

Artikel Terkait: