Pengembang Square Enix Lelah dengan Orang-orang yang Membandingkan Foamstars dengan Splatoon
Square Enix bosan dengan orang-orang yang membandingkan game shooter empat lawan empat Foamstars yang akan datang dengan Splatoon, dan bersikeras bahwa keduanya adalah “game yang sama sekali berbeda.”
Produser Foamstars, Kosuke Okatani, ditanya oleh VGC apakah ia bosan dengan perbandingan antara kedua game tersebut, dan ia menjawab: “Pertama-tama, ya. Ada banyak perbandingan di internet, tetapi juga, kami melihat di media sosial bahwa orang-orang yang benar-benar memainkannya melihat bahwa ini adalah game yang sama sekali berbeda, dan saya harap Anda juga setuju.”
Foamstars terlihat seperti Splatoon di permukaan karena menampilkan dua tim yang bertempur sambil menutupi peta dengan warna masing-masing. Splatoon menjadikan hal ini sebagai fokus utama, karena siapa pun yang memiliki wilayah yang paling banyak ditutupi akan memenangkan permainan, sementara penutup peta Foamstars hanya memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan jelajah.
“Saya merasa bahwa mekanisme untuk membuat benda yang Anda tembak tetap berada di lapangan, sangatlah unik,” kata Okatani. Dia mengatakan bahwa ini adalah “sebuah kehormatan besar” jika ini menjadi sebuah genre tersendiri, mirip dengan Soulslike atau Metroidvania. Memercik, mungkin.
Para penggemar dapat mengetahuinya sendiri saat Foamstars diluncurkan pada 6 Februari secara eksklusif untuk PlayStation 4 dan 5. Game ini juga akan tersedia tanpa biaya tambahan untuk pemilik PlayStation Plus dari semua tingkatan. Meskipun IGN memiliki hal-hal yang baik untuk dikatakan dalam pratinjau Foamstars, Square Enix telah menerima reaksi keras karena menggunakan seni yang dihasilkan AI untuk membangun game tersebut.
Square Enix menggunakan alat AI yang kontroversial, Midjourney, yang mengubah perintah teks menjadi seni visual, untuk membuat sampul album dalam game untuk lagu-lagu musik. “Kami bereksperimen dengan Midjourney menggunakan perintah sederhana untuk menghasilkan gambar abstrak,” kata Square Enix. “Kami menyukai apa yang dibuat dan menggunakannya sebagai sampul album terakhir yang akan dilihat pemain dalam game. Segala sesuatu yang lain diciptakan sepenuhnya oleh tim pengembangan kami.”